Minggu, 22 Februari 2009

Resume Tugas RPL, Tema: Multimedia

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM LAYANAN INFORMASI MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KIOSK DI RUMASH SAKIT DR. SOETOMO SURABAYA

Oleh : Prisa Marga K dan Achmad Holil Noor Ali

Link : http://www.si.its.ac.id/Penelitian/JURNAL/Icha.pdf

Resume untuk tugas RPL oleh Sherly Amelia

Kebutuhan akan informasi sangat penting bagi semua orang, begitu juga dengan masyarakat yang membutuhkan suatu informasi tentang rumah sakit yang mungkin menjadi referensi untuk berobat, tentang biaya, pelayanan, maupun fasilitas yang ada di rumah sakit tersebut. Oleh karena itu dibuatlah system layanan informasi rumah sakit dalam hal ini rumah sakit Dr. Soetomo, Surabaya sebagai media penerima dan penyampai informasi yang terstruktur, konsisten dan dinamis dalam satu paket multimedia, sekaligus sebagai differensiasi pelayanan bagi rumah sakit. Metodologi yang digunakan adalah dimulai dengan identifikasi dan analisa kebutuhan informasi melalui survey lapangan dan kuesioner. Identifikasi kebutuhan system dan desain system dengan DFD dan ERD. Implementasi dari desain system menggunakan aplikasi Macromedia Flash MX (Action Script), PHP dan MySQL. Semua file multimedia dan data informasi dari server database MySQL akan dipanggil dan disebarkan kepada Flash klien melalui jalur web. Terakhir dilakukan evaluasi dengan lingkup aspek kebutuhan informasi, aspek teknis, aspek bahasa dan aspek desain.




Untuk perancangan perancangan perangkat lunaknya, dibuat desain DFDnya mulai dari DFD konteks diagram sampai dengan DFD level 2, dimana setiap level memperinci dari proses sebelumnya.



Gambar diatas merupakan diagram konteks system dengan terminator meliputi 4 pihak, yakni : administrator, guest, IRJ dan IRNA.






Setelah dibuat DFDnya dibuatlah kamus datanya yaitu dengan menggunakan ERD. Untuk proses Manajemen Sistem Informasi dari admin, terdiri dari beberapa proses yakni: proses entri informasi, proses entri informasi alias, dan proses transfer informasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar