Kamis, 26 Februari 2009

RPL Resume ke-2

REKAYASA PERANGKAT LUNAK UNTUK APLIKASI MULTIMEDIA

Oleh : Enny Itje Sela


Links : ejournal.gunadarma.ac.id/files/C05.pdf


Resume oleh Sherly Amelia-tuGas RpL


Dengan semakin berkembangnya computer pada saat ini, yang tidak hanya digunakan untuk sekedar mengerjakan tugas kantor saja tetapi juga sudah mencakup dalam penggunaan aplikasi-aplikasi yang tidak hanya bersifat formal tetapi juga yang bersifat menghibur, salah satunya adalah aplikasi-aplikasi multimedia. Dalam karya tulis yang dibuat oleh Enny Itje Sela mencoba untuk membuat aplikasi multimedia dalam hal ini aplikasi untuk memutar music dan video yang bersifat freeware yang bebas didistribusikan tanpa perlu lisensi dan tanpa perlu membayar. File-file yang dapat dimainkan dalam aplikasi ini adalah file-file dengan ekstensi *.wav, *.mid, *.rmi dan *.mp3 untuk music sedangkan untuk video meliputi file-file dengan ekstensi *. Dat, *.avi dan *.mpg.


Ada beberapa contoh aplikasi multimedia yang dapat menggabungkan kemampuan audio dan video antara lain yaitu WinAmp ver 3.0 dan Xing MPEG Player. Perangkat keras minimal yang dibutuhkan untuk menjalankan file-file multimedia adalah Sound Card dan Display Card. Aplikasi multimedia yang dibuat oleh Enny Itje Sela ini diberi nama pMyPlayer.exe, setelah diklik maka media player ini akan meload registry dan daftar lagu atau film yang disimpan di file dengan nama DataLagu.Dlg. Jika masih kosong maka file harus diload dalam playlist dengan cara mengklik tombol open, addDir atau addFile.


Aplikasi media player ini terdiri dari satu buah program utama dari aplikasi (pMyPlayer.dpr), Sembilan unit (file dengan ekstensi .pas yang digunakan untuk penanganan kejadian pada form) dan Sembilan form (file dengan ekstensi .dfm yang digunakan untuk meletakkan komponen dan pengaturan property dari masing-masing komponen tersebut).


Dalam pembuatan aplikasi media player ini komponen yang digunakan ada yang bersifat visual dan ada juga yang non-visual. Contoh komponen visual : TSpeedButton, TBitBtn, TLabel, sedangkan contoh komponen non-visual adalah TOpenDialog dan TTimer. Komponen yang digunakan ada yang berasal dari bawaan Delphi namun ada juga yang berasal dari luar Delphi seperti TSlider, TDxfShapedForm dan TVolumeControl.


Tampilan dari form utama
















Pada Form utama terdapat tombol-tombol seperti play, pause,stop,next,before juga dilengkapi dengan tombol acak, ulang, video dan open.





































Tidak ada komentar:

Posting Komentar